peace signpeace sign New Year, New Hope!!!! peace signpeace sign

Thursday, July 11, 2013

Nulis saat Ngantuk, Ya Iniiiii!!!

Lukisan gue dan sohib- sohib gue beserta dosen wali tercinta
Hoaaaahhhhhm, ngantuk banget cuy!!! Hari ini saya, ehm gue, gue? Gue? Iya, karena gue adalah kata yang cukup nyantai buat nulis dibandingkan dengan aku atau saya, karena di tulisan ini gue pengen nyantai cuy. Bukan karena sok - sokan berlagak orang kota Jakarte, tapi rasanya lebih enak buat nulisnya, walaupun dalam kehidupan sehari - hari gue gak pake kata itu, maklum gue cuma dari kota kecil di Sumatera Utara yang belum ada malnya ampe sekarang. Oke, itu gak penting. gue ulangin lagi deh, hari ini gue banyak kerjaan di kantor dan feeling so sleepy ditambah temen - temen gue yang pada gak semangat gara - gara sedang puasa. Kondisi ini kalo di komik sering banget digambarkan dengan warna latar keungu - unguan dengan garis - garis item di atasnya.

Hari ini gua ngerjain beberapa kerjaan yang berhubungan dengan GIS. Apa itu GIS? Baca deh di postingan gue sebelumnya. Ada beberapa proyek gue yang berhubungan dengan GIS dengan deadline yang sudah dekat sehingga memerlukan waktu yang intens buat ngerjain. Juga ada kerjaan pengembangan software open source yang dikembangkan oleh seorang profesor asal Austria bernama Frank Gasdorf yang gak mungkin gue tolak. Kenapa? Karena beliau sudah sangat berjasa sekali membantu gue ngerjain skripsi. Jadi ceritanya waktu itu gue mentok di software gue karena ada bug dan gue gak bisa ngefixin tuh software, akhirnya gue hubungin developernya, nah beliau inilah yang kemudian menjadi pembimbing skripsi kedua saya, dia lebih banyak memberikan ide dibanding dosbing yang aslinya hehehe.

# wps.title=WPS
# wps.description=Web Processing Service

# WPSAdminPage.title=Web Processing Service
# WPSAdminPage.description=Manage the processing service global configuration
# WPSAdminPage.executionSettings=Execution Settings

Gimana bacanya? Bingungkan? Kalo anak pemrograman mungkin bisa hehehe. Gue aja kadang - kadang bingung, maklum harus belajar otodidak. Skrip di atas adalah sebagian kecil penyusun software Geoserver yang merupakan salah satu software GIS yang gratis. Yah yang kayak gitu deh yang gue lakuin waktu skripsi pas zaman akhir (kuliah maksudnya) dulu.

Nah, gara - gara mikirin nih skripsi ini, sekarang gue jadi keinget zaman kuliah dulu. Maklum kemaren malam gue baru beli buka si derma yang judulnya Derita Mahasiswa. Isinya ngena banget di gue cuy, pas - sepas - pasnya deh, eh gak ding, si derma lebih sial dari gue kok hehehe. Gue jadi inget kalimat penutup di prolognya yang bilang "Anjriiiiit, gue kangen masa - masa kuliah". Iye gue kangen masa - masa kuliah dulu, bersama temen - temen yang seangkatan berjuang bersama mencapai target kelulusan, ehm maksudnya temen berjuang gue ngopi catetannya hehehe.

Beberapa cerita di bukunya si derma ini agak sesuai dengan kehidupan gue. gue bilang agak ya, kenapa, karena gue gak seapes si derma hehehe. Misalnya waktu dia cerita tentang masa - masa ospek, emang sebelum dimulai ospek, kita udah punya mindset yang mengatakan ospek itu menyeramkan dan sangat - sangat berat, dan sayangnya itu bener :| Apalagi gue ngalemin tiga kali ospek di kampus, ospek universitas, yang alhamdullilah ye gue bisa bolos hehehe, ada ospek fakultas yang di hari kedua gue bolos lagi hehehe, dan yang paling berat ini nih ospek jurusan yang gue gak bisa bolos sama sekali. Untuk ospek jurusan, waktu pelaksanaannya hampir 4 bulan setiap sabtu dan minggu. bisa bayanginkan betapa nerakanya hidup gue menjelang weekend. bagi setiap orang, dan juga gue sebelum ospek, weekend itu adalah anugrah, tapi bagi gue dan temen - temen saat itu, weekend adalah anuuu......mati gue!!! Tapi overall itu salah satu hal yang menyenangkan buat diinget, inget ya buat diinget, jangan dilakuin lagi hehehe. Bisa jadi bahan candaan kelak kalau reunian, eh si A dulu diginiin sama senior, si B dulu digantung di jurang terus dibakar, oke yang ini bohong.

Memasuki masa kuliah itu emang berat banget buat gue, bukan masalah gue gak mampu, gini - gini IQ gue setara ehm setara....... oke gue lanjut. Yang bikin gue agak malas kuliah adalah karena gue lulus di universitas yang bukan gue pengen. Kenapa sih dunia gak selalu ngikutin kemauan gue, emang lu dewa bumi nyet. Ya karena hal itu gue jadi kuliah males - malesan dan menyibukkan diri di luar kuliah, ikut organisasi marga (paguyuban marga yang emang banyak di Jogja), alumni SMA, gereja, dan lain - lain, ampe akhirnya kuliah gue parah banget dan dapet ipeka seadanya. Yang bikin berat saat itu adalah gue ngadepin kenyataan kalo gue harus nebus semester yang ilang itu dengan kerja keras matia - matian di semester berikutnya, melebihi teman - teman gue yang lain, yah nasi udah jadi bubur ayam nak, gak ada kata lain selain berjuang.

Ya emang gue sedikit ketinggalan dari sahabat gue, kebetulan empat sahabat gue lulusnya barengan dan cuman gue yang sisa. Rasanya seneng sih bisa liat sahabat sendiri lulus, tapi gue harusnya ada di dalamnya :( Yaaah bro sekalian itu salah satu pengalaman pahit gue selama kuliah, keempat sahabat gue, tiga di antaranya berasal dari satu SMA dan sama - sama masuk di jurusan yang sama, kuliah bareng, belajar bareng, beberapa waktu juga ngerjain skripsi bareng, tapi lulusnya gak bareng, nyesek bangetkan. Iya gue nyesel kenapa sia - siain semester awal gue, padahal sohib - sohib gue itu udah selalu ngingetin gue, yah namanya penyesalan datangnya selalu paling akhir, kalo duluan namanya perencanaan. Dan selang tiga bulan setelah mereka lulus, akhirnya gue lulus juga, kelulusan mereka memotivasi gue biar cepet - cepet nyusul mereka, ya Puji Tuhan akhirnya semua baik, walaupun dengan ipeka yang kalo nyari kerja merupakan syarat minimal, tapi gue bersyukur kok, apalagi sohib gue bisa datang pas di acara wisudaan gue walaupun mereka udah sibuk kerja, atau tepatnya ada yang sibuk nyari kerja hehehehe.

Yup dan masa - masa kuliah itu sudah berlalu, rasanya pengen ketawa - ketawa lagi kalo ngingatnya. Seru, tapi gak pengen ngulang lagi deh, cukup dulu ngulang beberapa mata kuliah deh, ketemu dosen buat bimbingan, gak tidur pada masa skripsi dan revisi, dan juga pas disidang, kayak penghakiman, bedanya gue terdakwa yang ngejelasin pembelaan gue pake presentasi. Gue juga jadi nulis postingan kayak gini karena terinspirasi dari buku Derita Mahasiswa yang baru gue beli dan baca semalam. Bener - bener ngingetin gue tentang zaman kuliah gue dulu.Yang paling berkesan adalah gaya dia nulis pengalamannya kocak setengah mati, dan gaya penulisannya cukup simpel dan gampang ditelaah. Cara penulisan itulah yang coba gue tiru di tulisan gue yang ini. Thanks bro Derma, jasamu tak kulupakan hehehe. "Anjriiiiit, gue kangen masa - masa kuliah gue"

NB: Sebenarnya penulis menulis hal ini karena sedang ngantuk dan bosan saat bekerja tapi takut keliatan bosnya kalo gak kerja, jadi pura - pura bekerja. Oke penulis akan mulai kerja dulu. Salam kuper!!! Hoaaaahhmmm.....

No comments:

Post a Comment

please comment :)