peace signpeace sign New Year, New Hope!!!! peace signpeace sign

Tuesday, July 9, 2013

Tentang GIS (Dasar)

Haloooooo, selama ini saya posting yang berkaitan tentang hiburan melulu ya, kali ini saya coba posting sesuai dengan bidang keilmuan saya ya, biar kelihatan keren gitu hehehehe. Sekalian mau sharing ilmu buat saudara - saudara sekalian. Hari ini saya coba posting sedikit tentang GIS, mumpung sedang marak akhir - akhir ini penggunaannya. Okay, here we come guys.

Anak - anak apa itu GIS? Geographical Information Systems pak. Baguuuuuuuus!!! Tapi itu kepanjangannya cuuuy, bukan artinyaaaaaaa -___-" GIS itu atau dalam bahasa Indonesianya disebut SIG (Sistem Informasi Geografis) adalah suatu sistem, atau seperangkat sistem yang terdiri dari hardware, perangkat lunak, data, personil, metode, yang dirancang untuk mengambil, menyimpan, memperbaharui, manipulasi, analisis, dan menampilkan seluruh bentuk informasi yang memiliki referensi geografis. Pada prinsipnya, GIS sama dengan sistem informasi lain yang berfungsi untuk mengolah data mentah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk suatu tujuan. Yang membedakan GIS dengan sistem informasi non geografis adalah jenis datanya, yaitu bahwa GIS menangani data spasial yang memiliki referensi lokasi. Widiiiih ilmiah banget bahasa saya yak hehehehe, itu saya kutip dari pernyataannya sang penemu ESRI yang softwarenya banyak dipakai untuk keperluan GIS (contohnya ArcGIS) yaitu J. Dangermond. 

Untuk menyusun suatu sistem GIS diperlukan data. Data yang diperlukan dalam penyusunan GIS ada dua yaitu data spasial dan data atribut. Nah, akan saya terangkan atu - atu ya.
1. Data Spasial
Data spasial adalah suatu data yang mengacu pada posisi, obyek, dan hubungan dalam ruang kebumian. Data spasial merupakan bagian dari informasi, yang di dalamnya terdapat informasi mengenai bumi termasuk permukaan bumi, di bawah permukaan bumi, perairan, kelautan dan bawah atmosfir (Rajabidfard dan Williamson, 2000a). Data spasial dapat digunakan untuk menentukan posisi dari identifikasi suatu elemen di permukaan bumi.

2. Data Atribut
Data Atribut mendeskripsikan karakteristik dari objek - objek spasial (nama, luas, jumlah penduduk, kedalaman). Karakteristik yang dimaksud dapat berupa data kuantitatif maupun kualitatif. Data Atribut disebut juga sebagai data Tabular (Indiasari, V. 2009).

Nah untuk selanjutnya saya akan menjelaskan lagi lebih rinci tentang data spasial. Data spasial dapat dihasilkan dari berbagai macam sumber, yaitu;
a. Citra Satelit, data ini menggunakan satelit sebagai wahananya. Satelit tersebut menggunakan sensor untuk dapat merekam kondisi atau gambaran dari permukaan bumi. Umumnya diaplikasikan dalam kegiatan yang berhubungan dengan pemantauan sumber daya alam di permukaan bumi (bahkan ada beberapa satelit yang sanggup merekam hingga dibawah permukaan bumi), studi perubahan lahan dan lingkungan, dan aplikasi lain yang melibatkan aktifitas manusia di permukaan bumi. Kelebihan dari teknologi terutama dalam dekade ini adalah dalam kemampuan merekam cakupan wilayah yang luas dan tingkat resolusi dalam merekam obyek yang sangat tinggi.

b. Peta Analog, sebenarnya jenis data ini merupakan versi awal dari data spasial, yang membedakannya adalah dalam bentuk penyimpanannya saja. Peta analog merupakan bentuk tradisional dari data spasial yang kemudian data ditampilkan dalam bentuk kertas atau film. Oleh karena itu dengan perkembanganteknologi saat ini peta analog tersebut dapat discan menjadi format digital untuk kemudian disimpan dalam basis data.
 
c. Foto Udara (Aerial Photographs), merupakan salah satu sumber data yang banyak digunakan untuk menghasilkan data spasial selain dari citra satelit. Perbedaannya dengan citra satelit adalah hanya pada wahana dan cakupan wilayahnya. Biasanya foto udara menggunakan pesawat udara. Secara teknis proses pengambilan atau perekaman datanya hampir sama dengan citra satelit. Sebelum berkembangan teknologi kamera digital, kamera yang digunakan adalah menggunakan kamera konvensional menggunakan negatif film, saat ini sudah menggunakan kamera digital, yang kemudian data hasil perekaman dapat langsung disimpan dalam basis data. Sedangkan untuk data lama (format foto film) agar dapat disimpan dalam basis data harus dilakukan conversi dahulu dengan mengunakan scanner, sehingga dihasilkan foto udara dalam format digital. 

d. Data Survei (Pengamatan atau pengukuran di lapangan), data ini dihasilkan dari hasil survei atau pengamatan dilapangan. Contohnya adalah pengukuran persil lahan dengan menggunakan metode survei terestris. Proses pengambilan data di lapangan dapat menggunakan alat - alat survei seperti GPS, GPS yang digunakan adalah GPS Geodetik, bukan seperti yang terdapat di HP atau mobil ataupun handheld seperti yang digunakan untuk tracking ya, lalu menggunakan Total Station, atau Terestrial Lasser Scanner, nanti saya terangkan alat survei dalam postingan tersendiri :)

Kemudian untuk proses penyajian datanya bisa disajikan dalam bentuk vektor dan raster. Apa pula itu? Okay okay calm down, the explanation is below man :)
1. Model Data Raster. Model data raster mempunyai struktur data yang tersusun dalam bentuk matriks atau piksel dan membentuk grid. Setiap piksel memiliki nilai tertentu dan memiliki atribut tersendiri, termasuk nilai koordinat yang unik. Tingkat keakurasian model ini sangat tergantung pada ukuran piksel atau biasa disebut dengan resolusi. Model data ini biasanya digunakan dalam remote sensing yang berbasiskan citra satelit maupun airborne (pesawat terbang). Selain itu model ini digunakan pula dalam membangun model ketinggian digital (DEM-Digital Elevation Model) dan model permukaan digital (DTM-Digital Terrain Model). Model raster memberikan informasi spasial terhadap permukaan di bumi dalam bentuk gambaran yang digeneralisasi. Representasi dunia nyata disajikan sebagai elemen matriks atau piksel yang membentuk grid yang homogen. Pada setiap piksel mewakili setiap obyek yang terekam dan ditandai dengan nilai-nilai tertentu. Secara konseptual, model data raster merupakan model data spasial yang paling sederhana.

2. Model Data Vektor.  Model data vektor merupakan model data yang paling banyak digunakan, model ini berbasiskan pada titik (points) dengan nilai koordinat (x,y) untuk membangun obyek spasialnya. Obyek yang dibangun terbagi menjadi tiga bagian lagi yaitu berupa titik (point), garis (line), dan area (polygon).
a. Titik (point)
Titik merupakan representasi grafis yang paling sederhana pada suatu obyek. Titik tidak mempunyai dimensi tetapi dapat ditampilkan dalam bentuk simbol baik pada peta maupun dalam layar monitor. Contoh : Lokasi Fasilitasi Kesehatan, Lokasi Fasilitas Kesehatan, dll.
b. Garis (line)
Garis merupakan bentuk linear yang menghubungkan dua atau lebih titik dan merepresentasikan obyek dalam satu dimensi. Contoh : Jalan, Sungai, dll.
c. Area (Polygon)
Poligon merupakan representasi obyek dalam dua dimensi.Contoh : Danau, Persil Tanah, dll (Subaryono, 1997).

Jadi bisa kita lihat bahwa dalam GIS, terjadi penggabungan komponen antara data spasial dan data atributnya, sehingga dalam suatu lokasi, misalnya tanah, dari data spasialnya kita bisa melihat secara langsung koordinatnya di permukaan bumi, sedangkan dari data atributnya kita bisa melihat siapa pemilik tanah tersebut, berapa luasnya, harga persatuan meter, dan keterangan lain yang mengiringi tanah tersebut.

Kenapa GIS begitu penting akhir - akhir ini? Karena hampir semua aspek yang berhubungan dengan spasial baik secara langsung maupun tidak menggunakan si GIS ini. Sebagai contoh sistem navigasi pada GPS mobile di mobil kita masing - masing, ada lokasi (data spasial) dan juga keterangan tentang lokasi tersebut (data atribut). Bahkan di negara maju sudah ada profesi sebagai seorang GIS Analyst Professional, yaitu seseorang yang menjadi freelance dan bertugas membuat suatu sistem database dan GIS sampai pada tahap end-user (interface bagus) berdasarkan permintaan klien. Dan merupakan suatu profesi yang menjanjikan. Hanya saja hal ini kurang populer di Indonesia karena masih sulitnya mendapatkan data spasial yang seragam.

Oke guys, untuk pengertian dasar GIS dan komponennya cukup sekian dulu ya, nanti saya akan coba posting lagi mengenai GIS ini, kalau lagi pengen nulis yaaaaak :)

Beberapa bahan yang saya jadikan sumber adalah sebagai berikut:

Dangermond, J., & Smith, L. K., 1988. Geographic information systems and the revolution in cartography: The nature of the role played by a commercial organization. The American Cartographer, 15(3), 301.

Indiasari, V. 2009. SIG Overview, Geographic Information Science. Jakarta: Faculty of Computer Science Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Subaryono. 1997. Pengantar Sistem Informasi Geografis (SIG). Yogyakarta: Jurusan Teknik Geodesi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Rajabidfard & Williamson. 2000a. Spatial Data Infrastruktur: Concept, SDI Hierarchy and Future Direction. Research Report, Journal Spatial Data Research Group. Victoria: Department of Geomatics, The University of Melbourne.

Gumelar, D. 2004. Implemantasi Kelompok Data Dasar dalam Penentuan Kawasan Lindung (Studi Kasus Pembangunan IDSD Provinsi Jawa Barat). Tesis. Bandung: Program Magister Teknik Geodesi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Bandung.

Aritonang, F. 2012. Pengkajian Perangkat Lunak Open Source uDig untuk Proses Pertukaran Data. Skripsi. Jurusan Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
 


24 comments:

  1. Bang bang! Denger-denger, ntar kalo gue udah masuk peminatan terus milih ilmu tanah, katanya juga pake GIS. Haha! Thanks for your explanation about that, brur. Walaupun masih ga ngerti banget -_-

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sudah berbagi ilmu yang berkaitan dengan Gis | salam kenal dan sukses selalu

    ReplyDelete
  3. Terima kasih pengertian tentang Sistem Informasi Geografisnya...
    Kunjungi juga : www.atmaluhur.ac.id dan https://ikhwan.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/beranda

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas materinya yang berkaitan dengan Gis , ini sangat bermanfaat

    Kunjugi website saya :-)
    http://fitrid.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    Website kampus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas materi nya sangat bermanfaat untuk bahan pembelajaran. Kunjungi juga website saya https://sandia/mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas materi nya sangat bermanfaat untuk bahan pembelajaran. Kunjungi juga website saya https://sandia/mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  7. Terima kasih kak atas penjelasannya tentang gis, itu sangat bermanfaat bagi saya, karena dari materi itu saya bisa memahaminya.😁 oh iya kak kunjungi juga website saya https://hestyns.mahasiswa.atmaluru.ac.id dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  8. Terima kasih untuk informasinya. Saya mau tanya untuk perekaman yang dilakukan oleh satelit yang bisa merekam hingga dibawah permukaan bumi, bagaimana caranya satelit bisa merekam hal tersebut?
    Terima kasih.
    Silahkan mengunjungi website saya di: http://leor.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya di: atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  9. saya semakin terbantu dengan blog anda, saya jadi semakin tau tentang GIS, terima kasih.

    Kunjungi website saya : https://imisyafitri.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    Dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  10. terimakasih kak atas catatan yang sudah menulis di blog sangat bermanfaat untuk semua orang .
    kunjungi blog saya

    http://desymelindasari95.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    Dan kunjungi juga website kampus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  11. Terimakasih atas informasinya.. Mambantu sekali isi artikelnya... jadi sedikit lebih tau apa itu model data rester dan vektor..
    Kunjungi juga website saya di :https://babal.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya di : http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  12. Trimakasih gan infonya :).. lumayan agak mengerti bagaimana kerja citra satelit tsb..

    kunjungi juga website saya ya di https://ailen.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    juga website kampus saya di http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  13. makasih infonya gan, walaupun kurang mengerti tapi blog anda memberi pengetahuan terhadap kami yang baru belajar tentang GIS
    jangan lupa kunjungi website saya dan website kampus saya.
    https://andi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  14. Terimakasih tentang blog yang memaparkan data apa saja dalam penyusunan GIS
    blog nya sangat menambah ilmu

    terimakasih....
    dan Kunjungi Juga Website saya https://yeladevista.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    adan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  15. makasih sudah menuliskan tentang dasar GIS, karena membantu saya yang baru belajar mengenai GIS. jangan lupa kunjungi web saya https://romadiansya.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan web kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  16. materi dan isi blog nya sangat bagus sekali,mudah di pahami dan di mengerti..sangat membantu bagi yang baru mengenal tentang GIS.
    kunjungi website saya https://zuhri.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.ic

    ReplyDelete
  17. Trimakasih gan infonya,.. lumayan agak mengerti bagaimana kerja satelit
    jangn lupa juga kunjungi website saya : https://pujakah.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya : https://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. terima kasih tas infonya gan, ternyata masih banyak yang harus dipelajari dari gis dan artikel ini sangat membantu dalam mempelajari dasar-dasar gis dan jangan lupa kunjungi website saya https://fernandy.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  20. terimakasih udh mau sharing ,artikel nya lengkap

    ReplyDelete
  21. terimakasih atas infonya gan sangat berguna sekali untuk kami dan masih banyak yg harus kami pelajari tentang gi ini
    kunjungi website saya http://sudarwin.mahasiswa.atmaluhur.ac.id /
    website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. nah ini yang aku cari , materi ttg dasar GIS , terima kasih gan
    jgn lupa ya kunjungi website saya https://flashpackers.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  24. terimakasih, informasinya sangat bermanfaat , yuk kunjungi jga website saya https://sites.goggle.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ziffa/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

please comment :)